Pelepasan Magang SMK 2015

RetehOnline.com – Pulau Kijang, Sabtu 8 Agustus 2015, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Reteh melaksanakan Pelepasan Praktek Kerja Industri (Prakrin) atau yang biasa di sebut Magang. 

Bertempat di Gedung Serba Guna Samping Kantor Camat Reteh. Acara dimulai dari Pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB.  Acara diikuti oleh Siswa Siswi, Majlis Guru, Wali Siswa dan Undangan – Undangan.

Pelaksanaan Pelepasan ini sekaligus penutupan Masa Orientasi Siswa SMK yang telah dilaksanakan beberapa minggu belakangan.  Acara dimulai dengan Pembukaan Oleh Moderator, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Menyanyikan Lagu Wajib lainnya, Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, Tari Persembahan, Laporan Ketua Panitia, Pengantar Kepala Sekolah, Sambutan Kepala UPTD, Sambutan Sekretaris Camat, dan Doa. 

Pelaksanaan Magang merupakan salah satu bentuk dari Pendidikan yang ada di SMK, hal inilah yang membedakan SMK dengan Sekolah Sederajat misalkan SMA dan MA.  Hal ini sesuai yang di sampaikan oleh Kepala UPTD Reteh dan Sekretaris Camat.  “Magang merupakan salah satu yang membedakan SMK dengan SMA, sehingga ketika siswa SMK tamat telah memiliki kemampuan bekerja”, ujar Bapak Kepala UPTD.  Pada kesempatan itu Sekretaris Camat juga Berpesan, Ketika Melaksanakan Magang Diharapkan Siswa Disiplin.   “Siswa Siswi diharapkan Disiplin ketika melaksanakan Magang, karna dengan disiplin kita dapat Sukses” Ungkap Sekcam Reteh.  Sedangkan Kepala Sekolah lebih memberikan Motivasi dan Pesan – Pesan, salah satunya siswa siswi diharapkan bekerja ketika magang dengan benar dan baik, sebaiknya ketika telah selesai magang siswa siswi dirindukan, tempat magang merasa sedih ketika ditinggal. “Hendaknya Siswa Siswi melaksanakan magang dengan baik dan benar, buatlah Anda dirindukan ketika pergi atau orang-orang merasa sedih ketika harus meninggalkan tempat magang karena prestasi kerja yang baik” ungkap Bapak Azwirman selaku Plt.Kepala Sekolah.

Dalam Laporan Ketua Panitia yakni Bapak Ismail, S.T mengungkapkan tentang jumlah siswa, jurusan dan penempatan magang.  Pada tahun ini siswa yang melaksanakan magang terdiri dari 42 Siswa, Delapan siswa dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), sembilan Siswa dari Jurusan Tata Niaga (TN) dan 25 Siswa dari jurusan Administrasi Perkantoran (ADP).  Sedangkan Siswa untuk wilayah penempatan siswa 11 Siswa ditempatkan di Tembilahan, 28 Siswa di Pulau Kijang, 1 Siswa di Kota Padang, 1 Siswa di Kota Pekanbaru dan 1 Siswa di Kota Jambi. SY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *